Home » Artikel » Wujudkan Impian berHaji dan Umroh
Kabah

Wujudkan Impian berHaji dan Umroh

Setiap muslim pasti mempunyai keinginan atau impian untuk bisa berangkat menunaikan ibadah Haji atau Umroh, melihat kebesaran Kabah yang didirikan oleh Nabi Ibrahim AS dan konon titik pusat emas bumi adalah di Kabah, mendoakan dan memberi shalawat langsung kepada kekasih Allah, Nabi Besar Muhammad SAW di makamnya, mendoakan para syuhada, melihat tempat-tempat sejarah Islam, mendapatkan pahala yang luar biasa besar saat kita beribadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, merasakan ke-khusyukan dalam berdoa, merasakan kedekatan dengan Allah sedekat-dekatnya, memohon kepada Allah atas segala keinginan di tempat-tempat yang mustajab, dan masih banyak lagi.

Namun semua itu terkadang ada hambatan yang menghadang baik dari faktor internal maupun eksternal, sekalipun ia telah mampu. Dalam artikel kali ini saya akan memberikan 9 langkah agar kita dapat berangkat Haji atau Umroh dengan mudah dan lancar, Insya Allah dengan cara ini Allah akan mempermudah niat baik kita untuk beribadah.

Mati kita awali niat baik kita ini dengan membuat sebuah impian. Mengapa harus dimulai dari sebuah impian? Karena mimpi itu gambaran mental yang menginspirasi semua usaha nyata manusia.  Impian yang bisa terwujud adalah impian yang terfokus, artinya impian itu benar-benar datang dari pikiran dan perasaan yang memiliki getaran yang sama, maksudnya bahwa pikiran dan perasaan kita benar-benar ingin mewujudkannya.

Dan ternyata sebagian besar orang-orang sukses, para pebisnis sukses sampai para pemimpin besar, mereka bisa mewujudkan impian mereka karena memiliki pikiran dan perasaan yang sejalan sahingga setiap usaha yang dilakukannya selalu mendukung dia untuk mewujudkan impiannya. Dan yang paling penting adalah mimpi memiliki kekuatan untuk mengingatkan kita, bahwa prestasi terbesar selalu dimulai dengan impian terbesar. “Apa pun yang bisa dibayangkan oleh pikiran … dan bisa dipercaya oleh hati … bisa Anda raih.” demikian kata Napoleon Hill.

Proses Mewujudkan Impian berHaji dan Umroh Menjadi Kenyataan

Untuk persiapan Anda wujudkan impian berHaji dan Umroh menjadi kenyataan, maka luangkan waktu dan cari tempat yang nyaman untuk Anda, jauh dari gangguan orang-orang sekitar Anda, matikan handphone, dll. Luangkan waktu sekitar 15 menit setiap harinya. Dan akan sangat baik jika Anda lakukan setelah shalat Tahajud.

1. Keinginan

Semuanya berawal dari sebuah keinginan. Keinginan untuk berubah, keinginan untuk mendapatkan sesuatu, keinginan untuk sesuatu yang lebih dari yang dimiliki saat ini. Keinginan diciptakan dengan penuh kesadaran dan kuncinya adalah senantiasa bersyukur atas apa yang kita miliki sekarang ini, sambil terus berusaha mewujudkan apa yang kita inginkan terjadi pada diri kita.

2. Keyakinan

Keyakinan Anda lebih dari sebuah pernyataan dari Keyakinan dan Janji Anda tentang bagaimana Anda akan menjalani impian ini.

Ini akan memberikan dasar untuk pengambilan keputusan Anda dan juga berfungsi sebagai motivasi. Jangan ragu untuk memasukkan beberapa afirmasi seperti “Saya telah meraih impian saya untuk berangkat Haji dan Umroh”, kata-kata ini akan memberikan motivasi ekstra.

Dan saat Anda percaya dan mengatakan afirmasi tersebut sesering mungkin, dengan keyakinan, maka impian Anda akan cepat menjadi realita dan kenyataan.

3. Jadikan impian kita menjadi sebuah gambar

Gambarkan impian kita. Sebuah gambar akan membuat impian kita semakin jelas, apa bentuknya, apa warnanya, itu akan semakin memperkuat gelombang pikiran bawah sadar kita untuk mencapai impian kita.

Cari gambar atau foto yang menjadi impian kita, karena keinginan kita untuk menunaikan ibadah Haji atau Umroh, maka gambar dapat kita wakilkan dengan foto Kabah. Pasang ditempat yang mudah kita lihat, atau sering kita lihat, apakah itu di meja belajar, meja kerja, handphone, komputer, misalnya, lakukan sekarang juga!

4. Visualisasikan dan Rasakan Impian Anda

Visualkan impian Anda, rasakan impian itu seolah-olah sudah ada didepan mata, atau bahkan seolah-olah Anda sudah berada di depan Kabah sedang melakukan Thawaf. Rasakan dan Syukuri bahwa impian Anda sudah terwujud. Perbesar perasaan yang Anda rasakan, perjelas gambaran impian Anda itu, dengar suara-suara yang berada disekitar Anda pada saat Anda sedang Thawaf.

sebagai catatan, bahwa pikiran bawar sadar Anda tidak bisa membedakan antara kenyataan dan imajinasi, dan ketika pikiran bawah sadar Anda menganggap sesuatu telah terwujud maka ia akan menarik sesuatu untuk menjadi kenyataan. “Apapun yang bisa dibayangkan dengan jelas dan diyakini oleh pikiran kita, maka hal itu bisa dicapai.”

5. Syukuri

Langkah kelima adalah bersyukur yang merupakan bentuk lanjut dari keyakinan. Setelah mental block kita dapat kita atasi pada bagian yakin, maka syukur akan meningkatkan energi psikis kita secara luar biasa. Dalam bagian ini dikatakan bahwa cara paling mudah untuk bersyukur adalah dengan memutuskan untuk bersyukur, kalau perlu menjadi ahli bersyukur.

6. Pasrah

Pasrah dalam hal ini berarti melakukan sesuatu semaksimal mungkin dan hasilnya diserahkan pada Allah. We do our best and let God take care of the rest. Allah yang akan mengatur hidup kita.

7. Doa

Doa sangat penting karena merupakan salah satu bentuk komunikasi dengan Sang Maha Pencipta. Satu hal yang orang jarang sadari adalah bahwa apa pun yang mereka panjatkan saat berdoa sebenarnya merupakan sugesti atau afirmasi yang mereka tanamkan dalam pikiran bawah sadar mereka. Dan pikiran bawah sadar inilah yang berkomunikasi dengan Sang Maha Pencipta. Doa yang benar adalah doa yang kita lakukan melalui kualitas berpikir, ucapan, dan tindakan kita sehari-hari. Saya akan tuliskan mengenai Doa ini dalam artikel saya yang lainnya.

8. Buat Rencana Kerja

Buat rencana kerja, apa yang akan Anda lakukan agar impian Anda segera menjadi kenyataan? Ini akan mempermudah setiap usaha yang kita kerjakan karena telah kita rencanakan, sehingga kerja kita lebih efisien dan jelas, ingat yang jelas pasti membuahkan hasil yang jelas. “Untuk memastikan impian jadi nyata, Anda harus memiliki satu rencana tindakan yang realistis dan terlaksana.”

9. Lakukan Action

Ini adalah kuncinya. Impian Anda akan semakin mudah Anda wujudkan ketika Anda melakukan Action. Usaha yang jelas dan tepat sasaran. Jika kita ingin mewujudkan impian kita, jangan menunggu lagi, segera action besar-besaran, dahsyat, sampai impian kita benar-benar menjadi kenyataan. Mulailah dengan mengumpulkan informasi mengenai Haji dan Umroh seperti Travel yang akan membawa Anda menuaikan ibadah Haji atau Umroh, Pembimbingnya siapa, dan saat Anda pilih kami dengan ikuti program Umroh Quantum Spiritual of Heart, maka Anda akan mendapatkan manfaat yang Dahyat, yang Luar Biasa dibandingkan di tempat lain.

“Tidak ada kondisi ideal untuk sukses. Tapi kesuksesan selalu diawali dengan permulaan, Go Action!!”

Intinya, saat kita tahu apa yang kita inginkan, yakin bahwa Allah akan memberikan apa yang kita minta, syukur atas segala nikmat yang kita terima dan pasrah sepenuhnya akan kehendak Allah, maka sebenarnya kita telah melakukan doa yang sesungguhnya.

Dan ketika ada kesempatan walaupun sekecil apapun kesempatan untuk merealisasikan mimpi itu maka ambillah kesempatan itu. Kita tidak pernah tahu bagaimana takdir Allah bekerja terhadap perubahan diri kita. Sebagaimana Allah juga mengingatkan kita dalam sebuah ayat-Nya

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (Qs. Ar-Ra’d:11)

Semakin baik memikirkan… memvisualisasikan… dan merencanakan impian Anda, semakin baik kesempatan Anda mewujudkan impian. Semakin baik kesembilan tahap ini Anda lakukan, semakin Anda termotivasi untuk mewujudkan impian menjadi kenyataan fisiknya. Semua kesuksesan besar selalu dimulai dengan impian besar… Selamat mewujudkan impian Anda!

Manjadda Wa Jadda

2,991 total views, 0 views today

About Hendry Risjawan

Check Also

Memberi itu Indah

Seorang guru yang bijak tengah berjalan2  santai bersama salah seorang di antara murid-muridnya di sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: